HEADLINE

PUISI PUISI AGUS YULIANTO (Karanganyar, Jawa Tengah)_Mencari Cinta di Karanganyar

Kirim karyamu ke E-mail: majalahsimalaba@gmail.com
Cerpen, Cernak, Esai, Opini, Artikel, Refortase, Puisi (minimal 5 judul), dll
Semua naskah harus dalam satu file MS Word
Beri subjek MAJALAH SIMALABA VERSI ONLINE
(Terhitung mulai Januari 2018: Cerpen, Cernak, Puisi, yg terbit pada malam minggu diberi honorium)


PUISI PUISI AGUS YULIANTO

Wajah petani

Senja tak seindah dulu
menjadi gersang dan dangkal.
dari balik jendela matamu menentang 
sambil memandangi lahan-lahan yang dulu menjanjikan
yang kini menjadi bangunan-bangunan 
dipertengahan sawah
megah dan mewah.
wajahmu mulai lesu
kau bertanya 
Apakah aku akan memiliki bangunan-bangunan itu?
Sedangkan lahan hijau ku sudah kau singgahi
Jujur aku menyensali semua itu.

Angin kini bukan sahabatku seperti dulu
Yang selalu menjatuhkan dedaunan
Kini hanya memainkan perasaan
Membuat  jatuh bangun harapan
Untuk membangun masa depan.
                                                      Karanganyar, 15 Oktober 2017

Kitab Undang-Undang Anak

Indonesia
berkitab undang-undang perlindungan anak
namun seolah-olah sah untuk ditunda
anak yang memiliki pasal
namun tidak menjamin pemenuhan hak anak

Berapa banyak tokoh politik tangkas berbicara
tentang demokrasi dan transparansi
sementara tak satu pun peduli tentang nasib anak bangsa
meringkuk di pojok sejarah,
menjadi anak-anak hilang yang dilupakan begitu saja
layaknya musim yang berganti  
Mereka memang tak bisa menggugat
mulut terkunci dalam ketakutan
kepada siapa lagi mencari perlindungan
ketika energi negeri ini habis terkuras 
untuk urusan politik sampai rekapitulasi dunia perbankan

Solo, 18 Juni 2016

Gembar gembor Politik Konyol

Anak Indonesia 
penerus tulang punggung bangsa
Anak Indonesia 
asset nasional bangsa
Anak Indonesia 
investasi berharga bangsa

Mereka wajib kita jaga
jangan di perjualbelikan
jangan kau lacurkan
jangan kau aniaya
bahkan sampai kau perkosa

berikan tempat yang layak
sekolah  layak bahkan sampai kuliah yang layak
Buatkan undang-undang  anak
Agar tidak ada preman yang berani menyentuh mereka
Kalau perlu siapkan polisi khusus.

Tetapi  apa yang terjadi kemudian! dari waktu ke waktu
Anak-anak rawan tetap terpinggirkan
selalu saja dalih-dalih muncul 
“tidak ada anggaran untuk anak-anak!”

Semua itu hanya gombal.
gembar-gembor politik konyol”
Solo, 18 Juni 2016

Negeriku, Kenapa Begini?

Negeriku, kenapa begini?
Hanya pertikaian yang selalu aku tonton
Hujatan hujatan menjadi tontonan sehari-hari
baik di medsos maupun di televisi
Sungguh! Pilu rasanya 

Negeriku, aku ingin bertanya?
Apakah berita yang aku tonton benar adanya
melihat kekayaan alamku 
dirampas orang asing
banyak proyek proyek asing bergentayangan 
yang tidak jelas asal usulnya
klaim satu pihak dengan pihak yang lain
hingga sampai beradu argumen yang tanpa malu di hadapan ibu-ibu dan balita

Pemimpinku bagaimana ini bisa terjadi
Apakah benar adanya kong kalikong? 

Aku hanya ingin mengingatkan 
Jutaan pengangguran hidup di bumi pertiwi ini
tapi, kau biarkan cukong-cukong asing mengelolanya.
apakah kau tidak percaya dengan putra putri pertiwi?

miris bagiku ketika menulis kata-kata ini
sungguh!
                             
                                                              Karanganyar, 15 Oktober 2017
                                                                                 

Mencari Cinta di Karanganyar

Dari jendela kamar 
aku  menyulam bintang malam
Aku melihat dengan sendu
Wajah pedagang kaki lima mulai bisu
Tak ada senyum manis 
Orang berlalu lalang acuh tanpa ragu


Seekor burung kecil  murung
Sepasang mata kecil melirik dari sudut kota
meraba tirai-tirai  malam 
untuk mencari cinta di  Karanganyar

Aku memilihmu
Untuk meraba luka yang lama pedih
Aku pegang hatiku 
Menikmati hidup berpengalaman sengsara
Menjadi pedagang kaki lima

                                                                      
                                               Karanganyar, 15 Oktober 2017

Sajak  untuk yang Setia Nov...

Sejak pagi
Sejak siang
bahkan  malam tiba
namamu  selalu terniang

Beritamu melegenda
Di jagad bumi pertiwi
seperti bintang
yang slalu muncul di  televise
dirimu memang setia nov...

Namamu  tidak  akan pernah hilang
kau slalu ada 
muncul dimana-mana
di koran-koran bahkan infotaiment
kau lelaki yang setia nov...

Setia nov...
nama yang selalu dicari 
pemberantas korupsi.
namun kau begitu piawai 
beradegan sakit 
minta di infus di rumah sakit
kau memang setia nov...

Hanya dengan senyum manismu
dan janji palsumu
dalam sekejap semua berpindah tangan padamu
memang kau setia nov..
                                                 
                                                                        Karanganyar, 15 Oktober 201
                                            

Aku sebut namamu Koruptor

Aku sebut namamu Koruptor

Dimanakah kau bersembunyi
Di hotel berbintang
Atau kau membaringkan diri di rumah sakit

Aku sebut namamu Koruptor

Lihai sekali dirimu
Intel lalu lalang kesana kemari
Bahkan bersembunyi di semak-semak
Hanya untuk mengintipmu
Tapi tak ada satupun jejak kakimu

Aku sebut namamu Koruptor

Kau di puja dan dibangga-banggakan
Yang bersih dan peduli pada rakyatmu
Itu janjimu dulu
Kini kau sebaliknya merampas apa yang ada di lemari rakyatmu

Itu namamu Koruptor
                                                                                           Karanganyar, 15 Oktober 2017


Pahlawan kosong

Kita sering mendengar apa itu pahlawan
tapi seperti apakah pahlawan itu

Apa dia sang gagah perkasa
dengan geram suaranya
dan jantan tingkahnya
untuk mengorbankan jiwa raganya

Apa dia sang pemberani
dengan lantangnya berkoar-koar di jalanan
mengatas namakan pejuang rakyat
“stop kenaikan BBM….!!”
“ gantung koruptor…!!”
dan seabrek kata-kata sakti
yang membuat luluh hati ini.
seperti itukah pahlawan…

Pahlawan apakah itu….

ya Indonesia  banyak orang mengklaim dirinya pahlawan
tapi ku tak temukan satu pun pahlawan
meski pakai atas nama rakyat
meski pakai atas nama keadilan
tapi sungguhnya pahlawan itu ‘kosong’.

                                                      Surakarta

Puisi Hari Minggu

Pagi di hari minggu ini 
Aku masih merebahkan tubuhku di kasur
Mengeja mimpi-mimpi yang belum usai.

Pagi di hari minggu ini
Aku masih merebahkan tubuhku di kasur
 huruf demi huruf Rendra aku eja
bait demi bait aku coba pahami
Tapi, tak jua aku temukan makna di balik huruf ini.
Pagi di hari minggu ini
Aku belum terbangun dari atas ranjangku
Masih berkutik dengan teka teki huruf Rendra.

Kartasura, Minggu pagi 6.08 27/9/2015

Aku  dan Puisi

Bersama angin aku tuliskan puisi 
puisi yang aku sajikan malam ini
memberikan penawar rindu
untuk bercumbu denganmu

puisi yang aku sajikan malam ini
di hadapan sang empu sejati
yang paham arti hidup dan mati
demi cinta sejati

Bersama angin aku tuliskan puisi
puisi yang membawanya pergi 
memahatkan bait abadi
yang menuliskan rasa sakit ini

puisi yang aku sajikan malam ini
aku pilih-pilih dan aku rekatkan kembali
untuk melihat kekejian di dalam diri
sebuah puisi yang terenggut dari imajinasi


Solo, 18 Juni 2015


Tentang Penulis
Agus Yulianto. Kelahiran di Karanganyar. Memiliki hobi jalan-jalan dan membaca buku-buku. Suka menulis artikel populer, Cerpen, dan puisi beberapa tulisannya pernah di muat di media cetak dan online. Saat ini aktif du forum Lingkar Pena Cabang Karanganyar dan Literasi Kemuning.

baca juga:

No comments